Rabu, 05 Januari 2011

Terimakasih Yogyakarta

Terimakasih Yogyakarta  
  

Tak terasa...tahun telah berganti...aku menghitung keberadaanku di kota penuh sejarah ini...Yah...Yogyakarta..3,5 tahun....sebuah perjalanan yang tidak singkat...walaupun masih panjang keinginanku untuk berada disini...Yogyakarta...kau hadirkan semua asaku disini....pengalaman-pengalaman yang memberikan nuansa dalam batinku.....kau hadirkan tangisku...kau hadirkan bahagiaku...dan kau mengiringi perjalanan emosiku...disini...di Yogyakarta....
                Awal aku menginjakkan kakiku disini...di Kota ini....5,5 tahun yang lalu....pada saat aku kelas 1 SMA....Entah kenapa....pada saat itu...aku berkeyakinan ...suatu hari...aku pasti akan kembali...tidak hanya sekedar bermain disini...namun mendapatkan sekelumit rongga Yogya untuk  hidupku...yah...akhirnya ..,,aku kembali...kembali untukmu Yogyakarta....Juni 2007...untuk kedua kalinya aku menginjakkan kaki di Kota ini...Yogyakarta....Aku membawa kerinduan 2 tahun yang lalu saat pertama kali aku berada di kota ini...Tidak hanya sekedar bertemu denganmu...Namun juga ...untuk memulai hidup denganmu....dengan nafasmu...Yogyakarta....
    Awal berada di Yogyakarta...kau lebih banyak memberikan kesepian untukku...Yah...sebagai mahasiswa baru, aku belum begitu mengenalmu,Yogyakarta....kita belum begitu berkomunikasi dengan baik....Kau masih terlalu angkuh untukku...Hingga aku terkadang membencimu...dan ingin segera meninggalkanmu..Yogya....Ingatanku pada saat itu hanyalah kota kelahiranku, Pangkalpinang...Yah...aku merindukannya teramat sangat.... 
      Namun itu tidaklah lama....Kau telah memikat hatiku, Yogya...Dulu, aku iri padamu....kenapa kamu diperlakukan istimewa oleh banyak orang...Ternyata...kau memang benar-benar istimewa....tidak hanya bagiku...juga untuk negeri ini...dan banyak orang....Kau benar-benar istimewa...Kau hadirkan nuansa yang tidak dapat kulukiskan dengan kata-kata disini...Kau istimewa...karena kau memperlakukan semua orang begitu istimewa...
        Yogyakarta...kau menjadi saksi untuk perjalananku disini...3,5 tahun kita selalu bersama...di siang dan malamku....kau hadirkan asamu,  candamu...kau hadirkan kenyamananku....Yogyakarta...kau temukan aku dengan pengalaman hidup yang sangat berharga...Kau pertemukan aku dengan orang-orang yang luar biasa...Mereka dan kamu Yogyakarta...adalah nadi-nadi perjalanan hidupku...yang tidak akan terputus oleh jarak dan waktu.....
           2007....Kau pertemukan aku dengan teman-teman jurusan politik dan pemerintahan... Jurusan kebanggaanku....aku bisa berdiskusi dengan orang-orang intelek luar biasa....pemikiran-pemikiran...canda...persahabatan.....perjuangan...di jurusanku... di fakultasku .... di angkatanku....teringat pada saat dosen memberikan tugas yang begitu banyaknya...hingga kita berjuang bersama-sama menyelesaikannya...Melembur dengan suka dukanya...dan bernostalgia di jejaring sosial untuk menguatkan masing-masing kalo kita mampu menyelesaikan tugas itu semalaman. Dan besoknya kita saling menertawakan wajah kita..yang kurang tidur karena tugas-tugas itu...indah..ternyata....kebersamaan yang lucu..dan hangat....Dan aku bangga dapat mengenal dosen-dosenku...Orang-orang penting di negeri ini...bangga sekali aku dengan dosen-dosenku...dan lebih bangga lagi aku dapat berinteraksi dan menimba ilmu dari orang-orang luar  biasa seperti mereka...
          2008...kau pertemukan aku dengan teman2 BEM KM UGM...Disini aku banyak belajar tentang memaknai arti hidup...disini aku banyak menimba ilmu...disini aku menemukan idealisme...disini aku menemukan dunia yang berbeda....disini aku mulai diasah.... dan disini aku menemukan sebuah keluarga...terutama di departemenku...sosial masyarakat...Yah....sosok lembut nan bersahaja...Mbak Siti Amriyah....sosok kakak yang aku kagumi....luar biasa kesabarannya..perjuangannya...dan perhatiannya..hingga Beliau mampu ciptakan sebuah keluarga yang telah mengikat batin dan emosi anggotanya...Sebuah keluarga yang indah...saling mengingatkan...dan berjuang bersama...saling mengisi..berbagi dan menguatkan...Indah...terimakasih untuk kalian...sahabat-sahabatku...walau kita saling berpencar sekarang...berjuang di kehidupan kita masing-masing...mengarungi sisi kehidupan yang lain....kalian sahabat2 ku.....aku merindukan saat2 bersama kalian...berbagi cerita bersama kalian....Di BEM KM, Aku juga bertemu dengan tim 10 yang luar biasa...Di bawah bimbingan Mas Agung Baskoro, aku temukan arti menjadi mahasiswa itu seperti apa....Konkretnya apa? Itulah pertanyaan yang selalu diajukan Abang, sapaan akrab untuk Mas Agung Baskoro(Abas)...Aku kagum sama kalian, sahabatku tim 10, dan Abang...Negeri ini butuh orang-orang seperti kalian....
         Di tahun 2008 ini juga aku dipertemukan dengan keluarga lain...di Timoho....sosok-sosok lugu anak-anak kecil yang memberi arti untuk ku...Bagaimana ketabahan mereka menjalani hidup...Bagaimana perjuangan mereka untuk terus hidup....hingga pernah kulihat seorang anak kecil makan nasi tanpa lauk...tanpa apa-apa...tapi mereka gembira...bahagia...setidaknya bisa makan untuk hari ini...dan bisa menjadi energi untuk hidup esok hari.....Di tahun 2008 ini juga, aku dipertemukan dengan sesosok manusia, yang mampu membawaku untuk menikmati Yogyakarta lebih dalam lagi. Sesosok purnama yang mampu memberi kedamaian di kala kegundahan dan keresahanku. Sesosok yang pertama kali membawaku mampu bermimpi disini, di Yogyakarta...terimakasih untukmu....purnama.......
       2009...Aku baru mengenal keluarga UKM Perisai Diri secara lebih utuh pada tahun ini...Walaupun aku memulai perkenalan itu pada tahun 2008. Yah...kalian ...teman2 silatku...ternyata kalian memberikan lebih dari apa yang aku harapkan...kalian tidak hanya menjadi partnerku saat latihan dan pertandingan...namun kalian juga menjadi partner untuk hidupku...untuk perjalananku di Yogyakarta ini....Kalian selalu ada saat sedih dan senangku...Kalian selalu ada untukku...mengisi kekosongan-kekosongan hidupku....terimakasih terutama untuk mas bari...sosok pelatih yang luar biasa perjuangan dan pengorbanannya...Mas kendo...terimakasih telah membawaku mengenal keluarga yang indah ini....teman2 PD UGM...dan sosok seorang ombak yang mampu mengajarkanku bagaimana perjuangan untuk hidup....memberi asaku...menghadirkan tangis dan tawaku...terimakasih...ombak... aku belum mampu memberikan yang terbaik untukmu..dan mungkin aku hanya sering hadirkan amarahmu...maafkan aku...aku belum mampu menjadi sesosok yang seperti kau pinta...mandiri..tidak terlalu sensitif..dan optimis..aku lebih sering mengedepankan ego dan perasaanku..maafkan aku....
    2010...ternyata Yogya masih menyimpan banyak kejutannya dan selalu memberikannya untukku....aku dipertemukan dengan teman2 KKN Curugmuncar, Pekalongan...Kebersamaan kita selama 2 bulan itu begitu luar biasa....dan keluarga yang baru lagi aku temukan di desa ini...Keluarga Desa Curugmuncar...Warganya yang sangat ramah....keindahan alam yang begitu istimewa...Mereka...warga Desa Curugmuncar...terimakasih untuk kalian....suatu hari...aku ingin sekali kembali kesana...Mereguk kembali kenikmatan alam dan kehangatan kalian...warga Desa Curugmuncar.....
         Aku yakin.............Yogyakarta masih menyimpan sejuta kejutan untukku....Dan bila perjalananku telah berakhir disini nanti, ku ingin suatu hari aku kembali lagi kesini...mereguk kasihmu,Yogyakarta...berbagi cerita untukmu....Suatu hari nanti..aku akan kembali...entah dalam kondisi apa....dan menjadi seorang apa...aku akan kembali....Yogyakarta...




                              Pulang ke kotamu
                                   setangkup haru dalam rindu
                                   Masih seperti dulu
                                  Tiap sudut menyapaku bersahabat
                                   Penuh selaksa makna
                                   Terhanyut aku akan nostalgia
                                   Saat kita sering luangkan waktu
                                   Nikmati bersama suasana Yogya
                  Di persimpangan langkahku terhenti                          
                  Ramai kaki lima menjajakan sajian khas berselera
                  Orang duduk bersila
                  Musisi jalanan mulai beraksi
                  Seiring laraku kehilanganmu
                  Merintih sendiri, ditelan deru kotamu
                 Walau kini kau t’lah tiada tak kembali
                  Namun kotamu hadirkan senyummu abadi
                  izinkanlah aku untuk s’lalu pulang lagi ( Lirik lagu kla Project)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar